Jumat, 06 Juli 2012

konseptualisasi problem


KONSEPTUALISASI MASALAH DALAM STUDI/PENELITIAN ILMIAH

A.   Pendahuluan

     Setiap studi/penelitian ilmiah bermula dari adanya masalah (problem). Masalah adalah suatu kesenjangan antara harapan (das Sollen) dengan kenyataan (das Seihn), termasuk kesenjangan informasi. Misalnya, dalam Kurilulum/GBPP disebutkan bahwa siswa diharapkan mencapai tingkat pencapaian tertentu dalam suatu bidang studi, tetapi kenyataan di lapangan berbeda dari yang diharapkan tersebut. Ini merupakan suatu masalah yang perlu dikaji.

B.   Menyikapi suatu Masalah

     Ada tiga kemungkinan sikap seorang ilmuwan menghadapi masalah:

1. ingin mengetahui lebih jauh tentang masalah tersebut (What is it like?)
    --à studi deskriptip satu variabel;
2. ingin mengetahui faktor-faktor apa yang merupakan penyebab utama terjadinya
    masalah tersebut (Why does it happen?---à studi korelasional (hubungan dan atau 
    pengaruh); dan
3. mencari alternatif-alternatif pemecahan terhadap masalah tersebut (How can it be
   solved?) --à studi (perbedaan) efektivitas.


C.   Konseptualisasi Masalah

     Konseptualisasi masalah meliputi pemerian latar belakang masalah, identifikasi 
     masalah, pembatasan masalah dan rumusan masalah.

1. Studi Deskriptip (What-like research)
    a. Latar Belakang Masalah: menggambarkan alasan memunculkan topik studi dengan
                                                  menguraikan signifikansi topik tersebut (the significance 
                                                  of the topic) dan adanya masalah (the existing problem)
                                                  yang timbul di seputar topik itu.

        Contoh: Kita ambil masalah misalnya ‘kurangnya penguasaan kosa kata Bahasa
                      Inggris pada siswa kelas III SMA’. Lalu pada Latar Belakang Masalah kita         
                      uraikan 1) pentingnya penguasaan kosa kata bagi orang yang belajar bahasa 
                      atau orang yang berbahasa. Kemudian 2) kita paparkan adanya masalah 
                      yaitu kurangnya penguasaan kosa kata siswa dengan menunjukkan 
                      kesenjangan antara sasaran yang ditargetkan dalam Kurikulum/GBPP
                      dengan hasil-hasil penelitian sebelumnya, laporan evaluasi, komentar ahli 
                      yang menunjukkan penguasaan kosa kata siswa yang belum seperti   
                      diharapkan.   
   
             Dalam Latar Belakang Masalah dapat juga dimasukkan tujuan penelitian/studi 
    secara umum (belum rinci seperti pada Rumusan Masalah). Misalnya:

1) Untuk studi deskriptif /jenis1/What-like research: 

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran penguasaan kosa 
      kata siswa kelas III SMA itu sebenarnya. 

2) Untuk studi korelasional/ jenis 2/Why research:
    
          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor-faktor 
     tertentu  terhadap penguasaan kosa kata Bahasa Inggris
    
3)  Untuk studi efektivitas/jenis 3/How research:
    
     Penelitian ini bertujuan untuk mencari alternative /solusi untuk meningkatkan hasil belajar kosa kata Bahasa Inggris  
    
   
b. Identifikasi Masalah: menggambarkan letak masalah tersebut dalam hubungannya 
                                       dengan faktor-faktor lain yang terkait.
          Ada tiga cara untuk melakukan identifikasi masalah dalam studi deskriptip satu 
   variabel/What-like research: 1) model system-elements, 2) model view-points, atau
   3) model kombinasi.

        Contoh 1): Dengan model system-elements misalnya kita gambarkan (untuk contoh 
                     masalah ‘kurangnya penguasaan kosa kata Bahasa Inggris pada siswa kelas
                     III SMA’) bahwa bahasa itu sebagai suatu sistem terdiri dari unsur-unsur
                     keterampilan listening, reading, writing, dan speaking, dan komponen                    
                     grammar, vocabulary, dan phonology.



 



                                                                     speaking
                                                                        
                                   
                                                  listening                        phonology                languange                                                                                                                                 (a system)
                                                                      reading
                                                                       
                                                                                                                        an element
                                                   writing                        vocabulary           
                                                                       
                                                                     grammar
                        
Contoh 2):  Untuk contoh identifikasi masalah dengan model view-points kita ambil
                     contoh masalah misalnya mengkaji ‘pornografi dan pornoaksi’. Kita
                     gambarkan bahwa untuk mengkaji masalah tersebut bisa kita lakukan dari
                     sudut pandang agama, moral, seni, bisnis, atau sudut pandang lainnya.

                    
        seni





 
             moral                      porno                    agama


 



                          
bisnis


   Contoh 3): Untuk contoh identifikasi masalah dengan model kombinasi kita ambil 
                     contoh masalah analisis karya sastra, misalnya nilai moral (moral values
                     dalam novel Romeo and Juliet. Kita kemukakan misalnya ada dua sudut
                     pandang atau metode mengkaji karya sastra: intrinsic method dan extrinsic 
                     method. Kemudian kita uraikan lagi unsur-unsur atau bagian dalam setiap 
                     metode itu.

   Intrinsic
   Method :  - theme
                                                                                                       - characters
                                                                                                       - plot
   - etc.


 
novel


 




                 Extrinsic
                 Method : - moral values
                    - educational values
                    - women’s rights
                    - etc.
           

              
    c. Pembatasan Masalah: membatasi lingkup kajian pada salah satu unsur atau titik 
                                          pandang yang telah diuraikan dalam identifikasi masalah.
       
        Contoh 1): Dalam studi ini penulis membatasi pada kajian penguasaan kosa kata
                          (vocabulary) pada siswa kelas III SMA di …… tahun akademik …… .  
                          Perlu dikemukakan alasan pembatasan tersebut.

    d. Rumusan Masalah: merupakan kalimat tanya operasional yang menggambarkan 
                                          apa yang ingin dijawab dalam studi tersebut.
       
        Contoh: ‘Bagaimana penguasan kosa kata Bahasa Inggris pada siswa kelas III 
                       SMA di  … tahun akademik …… ?’
                      ‘Bagaimana kemampuan reading comprehension siswa kelas III SMA di 
                       …..  tahun akademik …… ditinjau dari skills theory?’

        Catatan:

         1) Judul penelitian/skripsi ditulis dengan cara menghilangkan kata tanya dan 
              tanda tanya pada rumusan masalah. Misalnya:
            ‘Kemampuan reading comprehension siswa kelas III SMA di …..  tahun akademik    
             …… ditinjau dari skills theory’

         2) Untuk Tujuan Penelitian, rumusannya dapat mengambil dari rumusan masalah 
             dengan penambahan frasa: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana 
             penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa kls III SMA …. tahun akademik .. .

        3) Untuk Manfaat Penelitian, isinya memuat manfaat keilmuan dan manfaat 
            praktis


2. Studi Korelasional (Why researach)
   
    a. Latar Belakang Masalah (sama dengan studi deskriptip)
   
    b. Identifikasi Masalah: Gambarkan semua faktor-faktor yang berkaitan dengan atau 
                                            yang mempengaruhi topik masalah tersebut.

        Contoh: Faktor-faktor yang mempengaruhi penguasaan kosa kata antara lain 
                      (menurut para ahli dalam literatur-literatur) metode/teknik pengajaran, 
                      media, intelegensi siswa, minat siswa, dan materi.
                                                
       method / technique


 
           media                           Vocabulary                             material


 
 student’s properties
     c. Pembatasan Masalah: faktor-faktor yang telah diidentifikasi dibatasi, 
                                              misalnya pada pengaruh minat siswa terhadap Bahasa 
                                              Inggris terhadap penguasaan kosa katanya.+ alasan

    d. Rumusan Masalah:Seberapa besar pengaruh/Bagaimana hubungan antara Minat
                                           terhadap Bahasa Inggris terhadap/dengan penguasaan Kosa  
                                           kata pada siswa kelas III SMA di…..… tahun akademik ….. ?’


3. Studi Efektivitas (How research)
  
a.       Latar Belakang Masalah (sama dengan studi deskriptip)

    b. Identifikasi Masalah: mirip dengan studi korelasional, hanya saja yang 
                                            dikemukakan adalah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap 
                                             topik masalah dan yang dapat dimanipulasi (intelegensi siswa 
                                             misalnya, tidak bisa dimanipulasi)
   
        Contoh: Faktor-faktor yang mempengaruhi penguasaan kosa kata dan yang dapat 
                     dimanipulasi antara lain (menurut para ahli dalam literatur-literatur) 
                      metode/teknik pengajaran, media pengajaran, minat siswa, dan materi.
                                                                       
       method / technique












 
           media                           Vocabulary                             material
 

 lingkungan

                    
                      Faktor-faktor ini masih dapat diuraikan lagi, khususnya faktor yang
                      unsurnya akan kita kaji, misalnya media pengajaran. Media pengajaran kita
                      uraikan lagi menjadi media elektronik dan non-elektronik dan seterusnya   
                      yang dapat berbentuk bahan cetak atau objek benda.
     
c. Pembatasan Masalah: faktor- faktor yang telah diidentifikasi lalu dibatasi sesuai
                                             dengan keinginan penulis/peneliti, misalnya pada efektivitas
                                             penggunaan VCD dalam pengajaran kosa kata pada siswa 
                                             kelas III SMA

    d. Rumusan Masalah: ‘Apakah terdapat perbedaan efektivitas penggunaan VCD
                                           dibandingkan dengan media Konvensional dalam pengajaran 
                                           kosa kata untuk siswa kls III SMA di …. tahun akademik ...?’




 



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar